Home

 
 
Minggu, 16 Oktober 2011

Yuk !!! Pilih Komodo sebagai 7 Keajaiban Alam Dunia Baru Lewat SMS

 
Sekelompok aktivis lingkungan terus berupaya memenangkan Pulau Komodo sebagai New7Wonders of Nature atau 7 Keajaiban Dunia Baru. Melalui lembaga Pendukung Pemenangan Komodo (P2Komodo) mereka menggalang pemilihan binatang purba itu melalui SMS.


“Sekarang masyarakat Indonesia bisa turut memilih dengan SMS. Kita setidaknya perlu 120 juta suara untuk memenangkan Komodo masuk salah satu dari 7 Keajaiban alam dunia baru,” ujar Ketua P2Komodo, Emmy Hafild dalam konferensi pers di kantornya �Jl Palatehan Raya no 1, Jakarta Selatan, Jumat (19/8/2011).

Pemilihan melalui SMS tersebut bisa dilakukan dengan cara mengetik " KOMODO " dan mengirim ke 9818. SMS ini bertarif Rp 1/sms, dan untuk sementara hanya bisa dilakukan oleh pengguna operator Telkomsel, Indosat dan XL.

“Biaya SMS premium sebenarnya lebih dari itu. Kita berterima kasih kepada operator yang berkenan menurunkan biaya,” kata Emmy.

Dana yang terkumpul itu, kata Emmy, akan dibagi ke sejumlah pihak, termasuk kepada New7Wonders untuk lisensi serta biaya pemasaran di luar negeri.

“Dana yang diterima P2Komodo minimal sebanyak 20 persen akan disalurkan kepada Komodo Trust Fund untuk program Community Development dan konservasi Komodo di Kabupaten Manggarai. 70 persennya untuk biaya kampanye dan sisanya untuk biaya operasional. Semua akan diaudit oleh akuntan publik PKF Hadiwinata,” kata perempuan berkacamata ini.

Penggunaan SMS sebagai metode pemilihan ini telah diterapkan di berbagai negara lainnya. Bagi Indonesia, menurut Emmy, penggunaan SMS akan lebih efektif karena pemilihan melalui internet memiliki keterbatasan akses di daerah.

Pulau Komodo masih berstatus sebagai salah satu nominator 7 Keajaiban Alam Dunia. Pemerintah ataupun Organisasi penyelenggara, New7Wonders, tak dapat mencoret Pulau Komodo dari daftar nominasi.

Namun peluang Pulau Komodo makin menipis. Sudah berbulan-bulan pemerintah melalui Kemenbudpar tak menjalankan perannya sebagai juru kampanye pemilihan Komodo. Peran inilah yang kemudian diambil alih P2Komodo. Mereka mengajukan diri sebagai Official Supporting Committee Komodo dalam kompetisi global ini untuk melakukan kampanye publik dalam rangka memenangkan Pulau Komodo.

Voting akan ditutup tanggal 11 November 2011. Panitia hingga saat ini menutup rapat hasil voting sementara karena jika dibuka akan menguntungkan nominator tertentu.

Bulan April dan Mei 2010 menjadi bulan penentuan buat komodo sebagai salah satu kejaiban dunia.
Semakin banyak orang yang mem-vote (memberikan suara) untuk hewan yang berasal dari Nusa Tenggara Timur, semakin besar pula peluang komodo untuk dikenal dunia.
Seperti yang telah dikutip dari Antara, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTT, Ulbadus Gogi, mengatakan saat ini tim mereka sedang menyiapkan surat edaran untuk gubernur tentang penetapan April dan Mei sebagai bulan 'Vote' Komodo.
Rencananya, nih, di setiap kantor atau instansi, universitas hingga sekolah-sekolah baik pemerintah maupun swasta diminta untuk menyediakan fasilitas seperti komputer dan internet, khusus untuk memberi dukungan bagi komodo.
Usaha pemerintah propinsi NTT patut diacungi jempol, deh! Semoga saja, banyak dukungan yang masuk untuk komodo. Dan, akhirnya terpilih menjadi salah satu keajaiban dunia! Setuju, enggak ???

Jangan lupa kunjungi www.pilihkomodo.com  untuk informasi lebih lanjut....

OK !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Silahkan isi buku tamu di sini....
Cute Pencil

Updates Via E-Mail

Cloud Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani